Memahami Istilah Penting dari Rekomendasi dari Broker atau Analis di Bursa Saham

Istilah-istilah ini rekomendasi saham dari analis dan broker memang begitu banyak orang susah memahaminya karena begitu asing di teliga kita. maka dari itu saya akan membuat ringkasan istilah-istilah penting yang sering di gunakan analis dan broker untuk membaca rekomendasi saham yang di berikan. berikut ringkasanya.

Buy : Saran untuk membeli saham terntentu untuk mendapatkan profit dalam waktu yang tidak di tentukan.

Sell : Saran untuk menjual saham terntentu, karena keadaan market, teknikal atau fundamental saham tersebut sudah kurang baik.

Hold : Saran untuk tidak melakukan tindakan, yang sudah memiliki saham tersebut bisa di tahan terlebih dahulu. Sedangkan jika yang belum memiliki saham tersebut bisa menunggu untuk melihat momentum yang tepat untuk masuk.

Wait And See : Saran untuk menunggu dan melihat-lihat keadaan market terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan buy atau sell.

Neutral :  Tidak ada saran khusus untuk melakukan tindakat terhadap saham tertentu.

Strong Buy : Biasanya istilah ini di gunakan untuk bagaimana seorang analis dan broker yakin bahwa saham tersebut akan naik dalam jangka waktu lebih pendek dan kenaikannya akan signifikan. keyakinan analis dan broker untuk merekomendasi Strong Buy biasa melihat dari pontesi fundamental perusahaan dan teknikal perusahaan.

Strong Sell : Biasanya istilah ini di gunakan untuk bagaimana seorang analis dan broker yakin bahwa saham tersebut akan mengalami penurunan yang sangat signifikan karena keadaan fundametal perusahaan mengalami penurunan yang drastis.

Accumulate : Keadaan dimana analis dan broker merekomendasi saham untuk di belikan secara bertahap atau di akumulasi.

Reduce : Disarankan untuk mengurangi kepemilikan saham yang sudah di pegang.

Trading Buy : Keadaan dimana analis dan broker merekomendasi saham tertentu untuk di transaksikan dalam jangka waktu singkat yang dimana kemungkinan saham yang di rekomendasikan akan naik dalam jangka waktu pendek.

Outperform : Digunakan untuk keadaan kinerja suatu saham bisa melebihi kinerja dari indeks harga saham. Kadang juga di sebut "Market Outperform"

Perform : Digunakan untuk keadaan kinerja suatu saham bisa setara dengan indeks harga saham.

Underperform : Digunakan untuk dimana suatu saham kinerjanya akan turun di bawah indeks harga saham.

Overweight : Saham yang di rekomendasi oleh analis atau broker diperkirakan akan mengalami kenaikan yang bisa melebihi saham lain yang menjadi patokanya. sekumpulan saham ini bisa diambil dari perusahaan dari industri yang sama atau kumpulan saham dari pilihan analis atau broker.

Equalweight : Saham diperkirakan setara kinerjanya dengan saham lain yang menjadi patokannya.

Underweight : Saham diperkirakan kinerjanya menurun dibandingkan dengan saham lain yang menjadi patokannya.

kalau diurutkan dari kekuatannya dari setiap istilah bisa dilihat seperti ini: 

istilah-istilah rekomendasi diatas adalah istilah umum yang sering digunakan oleh analis atau broker untuk merekomendasikan pilihan saham tertentu yang setiap hari dibagikan.

Semoga bermanfaat.